Thursday, 6 November 2014

Tugas Ke-2 Mensummary jurnal : "Researching Ethics and Morality in Information Systems: Some Guiding Questions " by Bernd Carsten Stahl De Montfort University, bstahl@dmu.ac.uk

Tugas mensummary jurnal ini dipilih perkelompok, dibahas secara bersama-sama tapi dikerjakan secara individu dan diposting di blog masing-masing.

Hasil dari mensummary jurnal dengan judul "Researching Ethics and Morality in Information Systems: Some Guiding Questions" by Bernd Carsten Stahl De Montfort University, bstahl@dmu.ac.uk


Researching Ethics and Morality in Information Systems: Some Guiding Questions (ICIS, 2008)



Ikhtisar

Isu-isu etika dan moral yang berkembang dalam dunia teknologi informasi saat ini telah dianggap sebagai sebuah permasalahan yang mendasar dan telah menjadi salah satu trend topik penelitian internasional. Jurnal ini memfokuskan kepada usulan garis besar pedoman penelitian mengenai etika dan moral dimana didalamnya terdapat enam buah pertanyaan yang meliputi isu konseptual, bantuan panduan terhadap konsistensi pendekatan penelitian, paradigma dan metodologi. Penjelasan ringkasnya adalah sebagai berikut:

1.   Konsep etika apa yang digunakan?

Penelitian berawal dari pertanyaan tentang konsep, yang dapat terdiri atas jawaban-jawaban berikut:

a.   Teori Etika

Teori etika bisa bersumber dari Utilitarianisme, Kantian Deontologi, Teori Etika Kebajikan, Teori Etika Kepedulian atau teori-teori yang lain.

b.   Level Abstrak

Level abstrak ini menyentuh tatanan intuisi moral, keyakinan moral, justifikasi etika maupun refleksi secara umum (meta-etika).

2.       Tingkat ikatan normatif apa yang diperlukan dalam pertanyaan penelitian?

Penelitian juga dapat dimulai dari pertanyaan tentang ikatan normatif dalam penelitian, yang terdiri dari jawaban-jawaban seperti:

a.  Tingkat Deskriptif (berkaitan erat dengan tingkat Meta-Etika)

b.  Tingkat Normatif (membutuhkan konseptual etika tertentu secara spesifik)

c.  Tingkat Meta-Etika (sesuai dengan konseptual etika tertentu secara spesifik)

3.   Bagaimana wacana hubungan proyek dengan sistem informasi yang telah ada?

Pertanyaan Tingkat Normatif yang berasal dari point #2b, dapat dikembangkan dan bersinggungan dengan jawaban mengenai:

a.  Paradigma

Acuan pertanyaan dapat terkait dengan pola pikir positif, interpretif dan kritikal.

b.  Metodologi

Acuan pertanyaan dapat berasal dari konseptual etika tertentu maupun penilaian secara empiris. Penilaian secara empiris ini dapat menggunakan metode kualitatif atau kualitatif.

c.   Kajian Ilmu yang berhubungan

Apabila pertanyaan yang diambil melibatkan kaitan proyek dengan kajian ilmu yang berhubungan, maka lanjutkan dengan pertanyaan pada poin #4.

4.   Bagaimana kaitan proyek dengan penelitian dalam kajian ilmu yang berhubungan?

Kajian Ilmu pengetahuan yang berhubungan dapat bersumber dari:

a.   Bidang ilmu tertentu

Ilmu-ilmu yang berhubungan seperti etika komputer, etika informasi, hukum teknologi informasi ataupun bidang-bidang ilmu lain yang terkait.

b.  Hasil penelitian yang relevan

Penelitian yang relevan seperti halnya penelitian-penelitian etika informasi, penelitian yang telah diterapkan maupun contoh studi kasus.

c.   Konsistensi dalam aspek etika

Apabila pertanyaan yang diambil melibatkan pertanyaan mengenai konsistensi dalam aspek etika, maka lanjutkan dengan pertanyaan pada poin #5.

5.   Apakah aspek etika dan penelitian yang berbeda diperlakukan secara konsisten?

Bentuk konsistensi ini terdiri atas empat subjek pertanyaan yang dapat saling berhubungan antara satu sama lain, yakni:

a. Motivasi etika

b. Etika sebagai subjek penelitian

c. Kode etik penelitian

d. Penelitian tentang konsekuensi etika

6. Bagaimana simpulan normatif yang diberikan?

Dari pertanyaan yang diambil dari poin #5, pertanyaan mengenai simpulan normatif dapat berisi atas 3 hal, yaitu:

a. Apakah penelitian memberikan simpulan normatif?

b. Apakah penelitian meliputi cerminan dari dasar-dasar etika secara eksplisit?

c. Apakah penelitian menjelaskan tentang  implikasi etika dan segala asumsi yang ada?



Pembahasan

Jurnal ini diterbitkan sebagai salah satu upaya pengembangan garis besar pedoman penelitian terkait etika dan moral dalam dunia teknologi informasi yang hingga saat ini belum tersedia. Keenam panduan pertanyaan yang diusulkan sebagai pedoman penelitian mengenai etika dalam teknologi informasi tersebut, secara global mengulas hal-hal mendasar yang terkait dengan subjek penelitian dan mengandung pendekatan metodologi tertentu baik itu secara kualitatif maupun kuantitatif serta berakhir pada simpulan umum. Seperti layaknya penelitian pada umumnya, kerangka berpikir yang ada dalam jurnal ini telah memiliki urutan struktur panduan yang baik yang dapat dikembangkan menjadi bentuk standarisasi pedoman umum penelitian terkait etika dan moral dalam dunia teknologi informasi.



Aplikasi dalam Penelitian Lanjutan

Etika teknologi informasi sebagai produk akhir buatan tentu saja tidak terlepas dari etika yang membuatnya yaitu manusia. Dalam hal ini, kombinasi dalam porsi tertentu antara etika teknologi informasi dengan disiplin ilmu manajemen sumber daya manusia dapat menjadi awal dari penelitian lanjutan dari tema yang sama, namun dengan hasil yang bisa diperkirakan lebih mendekati kearah kesempurnaan karena faktor utama etika dan moralitas berada pada titik berat pembuat dan pengguna.

Sumber Jurnal : Paper Researching Ethics and Morality in Information Systems Some Guiding Questions

No comments:

Post a Comment