Friday, 7 November 2014

Kuliah sesi ke-9, diskusi per kelompok dikelas mengenai "Pelanggaran prinsip-prinsip etika pada kasus penolakan jalur busway di daerah pondok indah"



Rabu, Tanggal 05 November 2014, masuk kuliah sesi ke-9 dengan judul materi slide ppt “Personal Values and Information Ethics”, diakhir penjelasan materi oleh Pak Yaya, ada tugas diskusi perkelompok, nah tugas yang diberikan mengenai “Pelanggaran prinsip-prinsip etika pada kasus penolakan jalur busway di daerah pondok indah”.
Kelas : LTB3
Nama :
  1. Gita Veronica – 1312402346
  2. Oky Wijaya – 1312400800
  3. Risma Ekawati – 1312402592
  4. Umar – 1312400870
  5. Fajar Hidayat – 1222403016

Hasil Diskusi Ethics in an Information Society, case study : Busway Pondok Indah

Pelanggaran prinsip-prinsip etika pada kasus penolakan jalur busway di daerah pondok indah :

1. Treat others as you want to be treated.
Jika dilihat dari case nya, masyarakat pondok indah mempunyai sifat arogan dimana masyarakat pondok indah hanya memikirkan territory wilayahnya saja, tidak memikirkan dampak secara global. Seharusnya masyarakat pondok indah memikirkan juga dampak secara global untuk kepentingan masyarakat umum.

2.  If action not right for everyone, not right for anyone.
Action yang dilakukan oleh masyarakat pondok indah, juga tidak baik apabila dilakukan oleh warga sekitar, karena akan saling meng-isolasi keberadaan penduduk wilayah tersebut.

3. Put value on outcomes, understand consequences
Seharusnya masyarakat pondok indah lebih berpikir positif dengan memikirkan manfaat yang dihasilkan dan mengerti konsekuensi terhadap territory wilayah pondok indah dan keberadaan busway yang melintas di wilayah tersebut.

4. Incur least cost
Mall pondok indah dapat dikunjungi oleh masyarakat di luar lingkungan pondok indah dengan mudah jika Busway berhasil diimplementasikan.

5. No Free Lunch
Pemerintah DKI harus membayar ganti rugi yang setimpal dengan harga tanah yang sesuai dengan pasar di pondok indah, berikut dengan kerugian lain yang dialami oleh masyarakat pondok indah.

No comments:

Post a Comment